• SMP MUHAMMADIYAH 8 LAREN
  • Kami Punya Itikad Untuk Mengemban Amanat, Kami Punya Tekad Untuk Mencerdaskan Umat

Sejarah Sekolah

SMP Muhammadiyah 8 Laren yang berdiri 15 Januari 1977 awalnya bernama SMP DIPONEGORO. Berdirinya sekolah ini atas inisiasi lima tokoh utama yaitu Drs. Roihan Achwan (Praktisi Pendidikan), K.H. Showab Mabrur (ulama), H. Thoha Abdullah (Kepala Desa Godog), K.H. Shodiq Abdullah dan K.H. Moh. Syamsi (alumnus Pondok Pesantren).

Latar belakang berdirinya SMP ini adalah banyaknya lulusan MI/SD di desa Godog dan sekitarnya (Bulubrangsi, Brangsi, Karangtawar, Singkul, Tejoasri, dan Solokuro)yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang di atasnya karena keterbatasan biaya dan jarak yang jauh. Pemberian nama SMP Diponegoro dimaksudkan agar sekolah ini mudah dikenal dan disayang serta bisa diterima oleh siapa pun yang heterogen tanpa tersekat oleh latar belakang organisasi dan golongan.

Dinamika berikutnya, SMP Diponegoro berubah menjadi SMP Muhammadiyah Godog yang diputuskan dalam rapat koordinasi Bagian PP&K Pimpinan Cabang Muhammadiyah Laren dan para kepala sekolah/madrasah Muhammadiyah se-Cabang Laren pada 13 Januari 1978.

Perubahan nama tersebut didasarkan pada fakta-fakta bahwa SMP Diponegoro dikelola oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah, kegiatan sekolah dalam naungan Muhammadiyah,dan gedungnya dibangun atas swadaya warga Muhammadiyah serta menempati lahan milik Muhammadiyah. Di samping itu, tahun-tahun pertama SMP Diponegoro berfilial dengan SMP Muhammadiyah Pangkatrejo yang mensyaratkan sekolah bisa filial jika sama-sama menggunakan nama SMP Muhammadiyah. Sekarang sekolah ini bernama SMP Muhammadiyah 8 Laren atau akrab dikenal dengan sebutan SMP MAPAN.

Sejak berdiri hingga tahun 2000 sekolah yang berlokasi di jalan Cenderawasih 292 RT 01 RW 04 Desa Godog, Kecamatan Laren ini menempati gedung yang juga  digunakan oleh MI Muhammadiyah 1 Godog. MI Muhammadiyah masuk pagi dan SMP Muhammadiyah 8  masuk siang. Setelah Muhammadiyah Ranting Godog yang dibantu  pendanaan dan pengerjaannya oleh TKI Godog di Malaysia mampu mendirikan gedung baru 6 lokal, maka MI Muhammadiyah 1 Godog menempati gedung baru tersebut dan gedung yang lama digunakan SMP Muhammadiyah 8 Laren.

Banyaknya guru yang merangkap di sekolah/madrasah lain menjadi kendala utama sekolah ini untuk tidak segera bisa masuk pagi walaupun sudah menempati gedung sendiri. Baru tahun pelajaran 2000/2001 sekolah yang pernah sebagai peserta Jambore Nasional HW di Kaliurang ini, 3 hari masuk pagi dan 3 hari masuk siang. Lima tahun kemudian, tepatnya awal tahun pelajaran 2006/2007 kegiatan pembelajaran dapat masuk pagi semua/total.

Tahun pertama sampai 13 Maret 1978 SMP ini dipimpin oleh Drs. Roihan Achwan yang telah meletakkan pondasi kokoh untuk perjalanan SMP Muhammadiyah 8 ke depan. Akan tetapi, karena Beliau mendapat pengangkatan sebagai dosen di IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatra Barat akhirnya untuk sementara/masa transisi SMP Muhammadiyah 8 dipimpin oleh K.H. Moch. Syamsi sampai 30 September 1979. Kepala sekolah berikutnya adalah H. Shodiq Abdullah yang memimpin SMP Muhammadiyah 8 Laren sejak 1 Oktober 1979 sampai 30 September 1999. Dua puluh tahun kepemimpinan Beliau bantuan gedung dan sarana pendidikan dari pemerintah mulai didapat. Bahkan yang paling fenomenal sejak status akreditasi sekolah berubah menjadi DIAKUI tahun 1986 pendaftar siswa baru mencapai 125 orang dan itu rekor yang belum tertandingi sampai saat ini.

Mulai 1 Oktober 1999 sampai 30 September 2007, sekolah yang pernah mendapat kepercayaan sebagai peserta Jambore Nasional Pramuka di Jawa Barat ini dipimpin oleh Drs. Nur Sholeh, M.M. Selama 2 periode memimpin SMP Muhammadiyah 8 bantuan pemerintah daerah maupun pusat mulai deras mengalir, antara lain merehab ruang belajar, pengadaan ruang kelas baru, laboratorium IPA, WC/Kamar Kecil, dan sarana pendidikan lainnya. Di samping itu, di masa kepemimpinan Beliau pula kegiatan pembelajaran SMP Muhammadiyah 8 dapat masuk pagi semuanya sehingga kedisiplinan dan prestasi sekolah semakin meningkat. Nilai akreditasi sekolah mendapat predikat A. Ekstrakurikuler drumband dan musik juga lahir di masa kepemimpinan ayah 2 orang anak ini.

Kepala sekolah selanjutnya adalah Abdullah Roziq, S.Pd. yang dipercaya menakhodai sekolah yang memiliki visi “Unggul dalam Prestasi, Anggun dalam Budi Pekerti, Terampil, dan Berbudaya” ini sejak 1 Oktober 2007 sampai sekarang. Selama 3 periode kepemimpinannya, di samping dapat mempertahankan nilai akreditasi sekolah, juga menambah Ruang Kelas Baru, Perpustakaan, Lab. IPA, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Kantor Guru, Ruang Keterampilan, Ruang IPM/OSIS, WC/Kamar Kecil baru, Kantin, Koperasi, Aula, dan merehab gedung lama. Komputer, alat-alat laboratorium IPA, alat-alat olahraga, alat/media peraga mata pelajaran juga sudah ada. 

Untuk mewadahi dan mengembangkan minat bakat siswa, sekolahyang memiliki motto “Kami punya itikad untuk mengemban amanat, kami punya tekad untuk mencerdaskan umat” ini tetap mempertahankan ekstrakurikuler yang sudah ada sebelumnya dan juga menambah kegiatan ekstrakurikuler lain seperti Olahraga Prestasi, Paskib, Tapak Suci, ECC, Aeromodeling, Panahan, dan yang baru dilaunching 19 September 2019 atas kerjasama dengan Puskesmas Laren adalah Posyandu Remaja “Mapan”. Dari kegiatan ekstrakurikuler ini banyak melahirkan prestasi siswa mulai dari tingkat kecamatan, Kabupaten, Provinsi, sampai prestasi se-Pulau Jawa.

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Persyaratan Pendaftaran

Syarat Pendaftaran Mengisi Formulir Pendaftaran Menyerahkan :              a. Fotokopi Ijazah SD/MI 1 Lembar           &nbs

28/03/2020 17:17 WIB - Abyss Walker
Denah Lokasi Sekolah

-

28/03/2020 09:31 WIB - Abyss Walker
Kepala Sekolah Dari Masa Ke Masa

Roihan Achwan         15 Januari 1977 – 30 September 1979 H. Shodiq Abdullah         1 Oktober 1979 – 30 September 1999 Nur Shol

28/03/2020 09:30 WIB - Abyss Walker
Visi, Misi dan Tujuan

VISI "Unggul dalam prestasi, Anggun dalam budi pekerti, Terampil, dan Berbudaya"   MISI Mendorong akativitas dan kreativitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutam

28/03/2020 09:28 WIB - Abyss Walker
Data Sekolah

Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah 8 Laren Status Sekolah : Terakreditasi A , Tahun 2016 Alamat : Jalan Cenderawasih 292 Godog, Laren, Lamongan RT/RW : RT 01 / RW 04 Kode Poss : 62262 E-m

28/03/2020 09:27 WIB - Abyss Walker